Pembuatan Animasi
Untuk pembuatan
animasi digunakan aplikasi Blender 2.60. dalam hal ini yang harus disiapkan yaitu
pembuatan objek, texturing, pencahayaan, animation, dan rendering. Adapapun
langkah-langkah yaitu sebagai berikut:
1. Pembuatan Objek 1
Pertama
siapkan aplikasi 2.60, setelah itu buka aplikasinya maka yang akan nampil
dilayar adalah default program. Hapus objek kubusnya dengan cara klik kanan
pada objek dan tekan delete pada keyboard. Dan hasilnya dapat dilihat pada
gambar berikut:
a. Sekarang kita akan membuat objek yang pertama yaitu
sebuah pohon, untuk menambahkan objek kita bisa tekan shortcut keyboard shift+a à >> mesh à >> cone.
jika sudah tekan shift+d untuk menduplikati
objek, anda juga bisa menekan shhift+d+z(smb tertentu) supaya
letak objek yg ingin anda duplikati sejajar dengan objek
sebelumnya. Untuk pohon seperti gambar disamping anda perlu 2
kali mendupikat cone.
Setelah itu
kita akan membuat bagian batangnya. Untuk menambahkan bagian batangnya caranya
tekan shift+a à > mesh à > cylinder, jika sudah untuk
mengubah ukuranya kita tekan scale(s)Ã >>> s+z untuk mengubah
ketinggianya searah sumbu z à >>>> s+z untuk
mengatur ketebalanya. Setelah itu geser batangnya sejajar dengan bagian daun/pohonya.
Untuk
memperhalus objek tersebut kita dapat gunakan tools smooth.sebelumnya tekan tab
untuk mengembal
kan edit mode menjadi object mode setelah itu dibagian lembar
kerja sebelah kiri terdapat object tools >> pilih shading >> smooth
b.
Setelah itu kita akan
membuat sebuah kursi taman, untuk
menambahkan objek kita bisa tekan shortcut keyboard shift+a à >> mesh à >> cube.
setelah
itu ubah ukuranya scale(s)>> s+z untuk mengubah
ketinggianya searah sumbu z >>> s+z untuk
mengatur ketebalanya sesuai keinginan >>> s+y untuk
mengatur panjangnya
setelah itu
tekan tab lagi untu kembali ke edit mode, lalu tekan ctrl+r sampai muncul garis pink, lalu geser kebagia
kanan, tekan ctrl+r hingga beberapa kali sampai terdapat sebuah garis potong
dibagian kanan,kiri,atas,bawah serta bagian samping cube.
Setelah itu
kita pilih face select untuk membuat bagian kaki serta bagian penyanggah bagian
belakang.
Setelah itu
kita pilih face select untuk membuat bagian kaki serta bagian penyanggah bagian
belakang.
Tekan shift
lalu pilih sudut bagian bawah yg akan kita jadikan kaki kursinya trus tkn (e) untuk menarik sudutnya atau mengextrude menjadi bagian kaki kursi. Lakukan hal yang sama pada bagian tertentu yg kt inginkan.
wah kalo liat gini gue jd pengen belajar bikin animasi game, skrg msh parno akhirnya main game full dah ahhahahahhah gara2 satu game ini nih www.Econw.co tapi emg seru bet sih makanya gue ketagihan wakowakowako
ReplyDelete