Saturday, January 18, 2014

membuat animasi sederhana



Pembuatan Animasi

Untuk pembuatan animasi digunakan aplikasi Blender 2.60. dalam hal ini yang harus disiapkan yaitu pembuatan objek, texturing, pencahayaan, animation, dan rendering. Adapapun langkah-langkah yaitu sebagai berikut:

1.    Pembuatan Objek 1

Pertama siapkan aplikasi 2.60, setelah itu buka aplikasinya maka yang akan nampil dilayar adalah default program. Hapus objek kubusnya dengan cara klik kanan pada objek dan tekan delete pada keyboard. Dan hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut:

a.    Sekarang kita akan membuat objek yang pertama yaitu sebuah pohon, untuk menambahkan objek kita bisa tekan shortcut keyboard shift+a à>> mesh à>> cone.
Untuk mengatur ukuran objek ,  tekan shortcut keyboard S . Setelah itu untuk mengedit objectnya ubah object mode menjadi edit mode atau tekan shortcut tab

 jika sudah tekan shift+d untuk menduplikati objek, anda juga bisa menekan shhift+d+z(smb tertentu) supaya letak objek yg ingin anda duplikati sejajar dengan objek sebelumnya. Untuk pohon seperti gambar disamping anda perlu 2 kali mendupikat  cone.
 
Setelah itu kita akan membuat bagian batangnya. Untuk menambahkan bagian batangnya caranya tekan shift+a à> mesh à> cylinder, jika sudah untuk mengubah ukuranya  kita tekan  scale(s)à>>> s+z untuk mengubah ketinggianya searah sumbu z à>>>> s+z untuk mengatur ketebalanya. Setelah itu geser batangnya  sejajar dengan bagian daun/pohonya.
Untuk memperhalus objek tersebut kita dapat gunakan tools smooth.sebelumnya tekan tab untuk mengembal   kan edit mode menjadi object mode setelah itu  dibagian lembar kerja sebelah kiri terdapat object tools >> pilih shading >> smooth


b.          Setelah itu kita akan membuat sebuah kursi taman, untuk menambahkan objek kita bisa tekan shortcut keyboard shift+a à>> mesh à>> cube.

setelah itu ubah ukuranya scale(s)>> s+z untuk mengubah ketinggianya searah sumbu z >>> s+z untuk mengatur ketebalanya sesuai keinginan >>> s+y untuk mengatur panjangnya



setelah itu tekan tab lagi untu kembali ke edit mode, lalu tekan ctrl+r  sampai muncul garis pink, lalu geser kebagia kanan, tekan ctrl+r hingga beberapa kali sampai terdapat sebuah garis potong dibagian kanan,kiri,atas,bawah serta bagian samping cube.

Setelah itu kita pilih face select untuk membuat bagian kaki serta bagian penyanggah bagian belakang.





Setelah itu kita pilih face select untuk membuat bagian kaki serta bagian penyanggah bagian belakang.
 
Tekan shift lalu pilih sudut bagian bawah yg akan kita jadikan kaki kursinya trus tkn (e) untuk menarik sudutnya atau mengextrude menjadi bagian kaki kursi. Lakukan  hal yang sama pada bagian tertentu yg kt inginkan.
 







1 comment:

  1. wah kalo liat gini gue jd pengen belajar bikin animasi game, skrg msh parno akhirnya main game full dah ahhahahahhah gara2 satu game ini nih www.Econw.co tapi emg seru bet sih makanya gue ketagihan wakowakowako

    ReplyDelete